Rabu, 17 September 2014

Apa itu Ham Radio?


Radio (Ham Radio) adalah hobi populer dan layanan berlisensi operator Amatir Radio (ham) untuk mengoperasikan peralatan komunikasi. 

Meskipun keterlibatan operator Amatir Radio disebabkan oleh berbagai alasan, mereka semua memiliki kesamaan pengetahuan dasar teknologi radio dan prinsip-prinsip operasi, dan lulus ujian untuk mendapatkan lisensi FCC dalam beroperasi pada frekuensi radio yang dikenal sebagai "Band Amatir". Band-Band ini adalah frekuensi radio dan dimiliki oleh The Federal Communications Commission (FCC) untuk digunakan oleh operator radio ham.

Amatir Radio di Hollywood

Amatir Radio adalah bagian dari alur cerita dalam serial televisi ABC Last Man Standing, dibintangi Tim Allen.
http://www.arrl.org/images/view/Media_/Last_Man_Standing_ABC_2.jpg


Ham: operator buruk; 'plug' (GM Dodge, The Telegraph Instructor)


Operator nirkabel pertama adalah telegraphers darat yang meninggalkan kantor mereka untuk pergi ke laut atau ke stasiun penjaga pantai. Mereka membawa bahasa mereka dan banyak dari tradisi profesi mereka yang lebih kuno. Pada hari-hari awal, setiap stasiun menduduki seluruh spektrum dengan pancaran sinyal yang luas. Stasiun Pemerintah, kapal, stasiun pantai dan semakin banyak operator amatir yang semuanya bersaing untuk waktu dan supremasi sinyal di receiver masing-masing. Banyak stasiun amatir yang sangat kuat. Dua amatir, saling bekerja sama di seluruh kota, secara efektif membuat kemacetan semua operasi di wilayah lainnya. Operator komersial Frustrasi terkait dengan gangguan radio ham dengan menyebut mereka "ham." Amatir, mungkin terbiasa dengan arti sebenarnya dari istilah tersebut, mengambilnya dan menerapkannya pada diri mereka sendiri. Sebagaimana tahun-tahun perkembangannya, makna asli telah benar-benar menghilang.

Operator Radio Amatir berasal dari semua lapisan masyarakat - dokter, mahasiswa, anak-anak, politisi, pengemudi truk, bintang film, misionaris dan bahkan rata-rata tetangga sebelah Anda. Mereka dari segala usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan dan kebangsaan. Baik melalui Kode Morse pada kunci kuningan telegraf tua, komunikasi audio pada radio genggam atau pesan komputerisasi yang ditransmisikan melalui satelit, semua ham menggunakan radio untuk menjangkau dunia.

Anda dapat berkomunikasi dari puncak gunung, rumah atau di belakang kemudi mobil Anda. Anda dapat membawa radio kemanapun Anda pergi! Pada saat bencana, ketika saluran komunikasi rutin gagal, ham dapat beraksi membantu upaya komunikasi darurat dan bekerja dengan lembaga-lembaga pelayanan publik. Misalnya, Amateur Radio Service menjaga lembaga New York City tetap berhubungan dengan satu sama lain setelah pusat komando mereka dihancurkan selama tragedi 9/11. Ham Radio juga datang untuk menyelamatkan selama Badai Katrina, di mana semua komunikasi lainnya gagal.
Anda dapat menggunakan telegrafi, suara, dan gambar digital dalam komunikasi dengan ham lainnya. Anda bahkan dapat berbicara dengan astronot ulang-alik atau melontarkan sinyal mendarat ke bulan!

Beberapa ham ingin membangun dan bereksperimen dengan elektronik. Penggemar komputer menikmati menggunakan peluang komunikasi digital amatir radio ini. Lainnya bersaing dalam "kontes DX", di mana tujuannya adalah untuk melihat berapa banyak ham di lokasi yang jauh dapat mereka hubungi. Biasanya kita menggunakan radio ham untuk membentuk persahabatan melalui udara atau melalui partisipasi dalam salah satu dari 2000 lebih klub Amatir Radio di seluruh negeri. Ada lebih dari 600.000 amatir radio di Amerika Serikat dan lebih dari 2.000.000 di seluruh dunia.

FCC menciptakan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan terhadap kelompok ahli yang dapat memberikan cadangan selama keadaan darurat. Selain itu, FCC mengakui kemampuan hobi untuk memajukan komunikasi dan keterampilan teknis dari radio dan untuk meningkatkan niat baik (goodwill) internasional. Hidup orang banyak telah diselamatkan di mana penggemar terampil bertindak sebagai komunikator darurat untuk memberikan bantuan, entah itu saat terjadi gempa bumi di Italia atau badai di AS.

Lihatlah dial pada radio AM lama dan Anda akan melihat frekuensi ditandai 535-1605 kilohertz. Ini adalah salah satu "Band" radio. Ada band lain dari spektrum radio untuk amatir, pemerintah, militer dan penggunaan radio komersial. Jika Anda bisa mendengar banyak band yang berbeda, Anda akan menemukan pesawat, kapal, kebakaran dan komunikasi polisi, serta stasiun "gelombang pendek", yang merupakan stasiun siaran komersial dan pemerintah di seluruh dunia dari Amerika Serikat dan luar negeri. Amatir dialokasikan 26 band (yaitu, kelompok-kelompok tertentu dari frekuensi) spasi dari 1,8 Megahertz, yang tepat di atas frekuensi siaran radio, sepanjang jalan hingga 275 GHz! Tergantung di mana band yang kita gunakan, kita bisa bicara di kota, di seluruh dunia atau keluar menuju satelit di ruang angkasa.

Ada berbagai macam cara bagi operator Radio Amatir dapat berkomunikasi. Menggunakan suara adalah salah satu. Kode Morse masih banyak digunakan. Packet, Radio Teletype (sering disebut Rtty), dan PSK adalah tiga cara lainnya untuk berkomunikasi. Transmisi lebih cepat sedang dikembangkan dengan menggunakan metode yang dapat mengirim hampir segala bentuk data digital. Hams juga menggunakan televisi untuk mengirim gambar melalui udara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar