Minggu, 11 Januari 2015

Ham radio: Teknologi Lama Mendapat Penghargaan Baru




Oleh Jonathan Serrie
Mencari cadangan komunikasi yang dapat diandalkan dalam krisis, manajer darurat menemukan solusi baru dalam teknologi lama: ham radio.
"Ini hanya jalan lain, kesempatan lain bagi kita untuk dapat berkomunikasi," kata Herb Schraufnagel, kapten keselamatan publik pada Emory University Hospital Midtown.
Emory HealthCare adalah salah satu dari semakin banyaknya sistem rumah sakit yang mengadopsi radio ham. Administrator rumah sakit dan pejabat pemerintah mengambil pelajaran dari Badai Katrina, yang meninggalkan beberapa pusat pengobatan Gulf Coast terisolasi dari dunia luar, seperti kegagalan sambungan telepon rumah dan menara seluler.
Ketika daya, telepon dan layanan internet mengalami down, radio amatir bertenaga baterai dan antena portabel dapat memberikan link penting untuk dunia luar.
"Radio Ham tidak akan pernah mati," kata Barry Thomas, Sr, seorang penggemar radio ham dan karyawan di Emory University Hospital Midtown.
"Cara tercepat komunikasi adalah Kode Morse. Ini akan lepas ketika tidak ada yang menghendaki hal ini, "kata Thomas, merujuk pada sebuah ruangan yang penuh dengan komputer dan smartphone.
"Sangat menarik bahwa beberapa teknologi yang telah ada selama 80, 90, 100 tahun tersebut masih relevan," kata John Davis, penggemar radio ham.
Selain badai besar, Davis mengatakan serangan teroris September 11, 2001 menghidupkan kembali minat pada radio ham sebagai alat keselamatan publik.
The Georgia Emergency Management Agency (GEMA) telah mendirikan stasiun radio ham permanen di pusat komandonya.
"Kami melihat operator ham radio seperti staf GEMA, seperti staf DOT dan staf Georgia State Patrol," kata Direktur GEMA Charlie English. "Mereka adalah mitra kritis dengan kami."
Jumlah lisensi radio ham sedang berada pada titik tertinggi selama ini di Amerika Serikat (723.182, per April), menurut Federal Communications Commission (FCC) data yang dikumpulkan oleh Joe Speroni dari Situs Web Pendidikan Amatir Radio,ah0a.org.
"Saya sangat berharap bahwa hal itu tetap relevan dan bahwa kita dapat menjadi sumber daya untuk lembaga manajemen darurat," kata Davis antusias. "Karena saya pikir di situlah radio ham bersinar."

Produser Fox News David Lewkowict berkontribusi untuk artikel ini.
Jonathan Serrie bergabung di Fox News Channel (FNC) pada bulan April 1999 dan saat ini menjabat sebagai koresponden yang berbasis di biro Atlanta.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar