Sabtu, 10 Januari 2015

Radio Ham: Teknologi 'Lama' Penyelamat Hidup di Medan Darurat


Oleh: Kara Tarantino
Ham operator radio yang bekerja di pusat komando balapan di 2013 Publix Atlanta Marathon
Operator Ham Radio bekerja di pusat lomba Publix Georgia Marathon 2013
Seperti film hitam-putih, ham radio dapat membangkitkan citra bagaimana orang berkomunikasi di masa lalu. Bahkan, legenda Hollywood, Mickey Rooney, membintangi sebuah film klasik sebagai remaja di mana radio ham merupakan alur perangkat penting.
Tapi bertanya kepada seseorang dalam manajemen darurat tentang radio ham, dan Anda akan menemukan bahwa media komunikasi sama sekali tidak usang. Dalam beberapa tahun terakhir, pengakuan pentingnya telah benar-benar meningkat.
Salah satu contoh terjadi pada Maret 2008, ketika ribuan orang menghadiri Southeastern Conference turnamen basket di pusat kota Atlanta, dan ribuan lainnya berada di berbagai tempat terdekat dimana  tornado melanda, mempersingkat jalur kehancuran melalui jantung ibukota Georgia.
Tanpa diketahui banyak orang, operator tunggal radio amatir, hanya menggunakan radio genggam, yang menyebut "CQ, CQ" - kode radio ham yang menandakan ia menjangkau untuk stasiun apapun yang bisa mendengarnya. Dia berharap untuk memberitahukan setiap stasiun di udara bahwa ia berada di area terburuk dari daerah yang diterjang badai dan membutuhkan bantuan.
Barry Kanne, operator radio ham aktif, dan relawan Amateur Radio Emergency Service (ARES), kebetulan mendengarkan saluran cuaca radio ham utama seperti badai melanda. Dia menanggapi panggilan CQ. Segera, jaringan ad hoc darurat antara dua operator didirikan. Segera stasiun lain bergabung untuk melaporkan kerusakan badai.
Untuk mengimbangi malam itu, dan memasuki pagi hari, laporan telah disampaikan ke kantor Dinas Cuaca Nasional di Peachtree City dan lembaga keselamatan publik lokal di daerah yang terkena.
Operator radio amatir telah menyediakan komunikasi pada saat bencana selama beberapa dekade, termasuk serangan teroris 9/11 tahun 2001 dan Badai Katrina pada tahun 2005.
Mereka mengandalkan peralatan dan antena mereka untuk berkomunikasi menggunakan teknologi radio dan daya baterai. Operator radio amatir memastikan komunikasi darurat yang sedang berlangsung saat layanan internet gagal dan ponsel yang diberikan tidak berguna. Menurut blog Wired Magazine, ada lebih dari 700.000 operator ham berlisensi di AS saat ini. Itu 60 persen lebih dari 30 tahun yang lalu.
Mereka menggunakan terminologi dan bahasa unik ham radio - sebuah kegemaran bagi banyak pelaku. Dengan pengetahuan tentang bahasa teknis ini muncul kemampuan untuk berhubungan pada semua tingkatan, melampaui hambatan bahasa asli dan budaya, dan penting untuk menyelamatkan jiwa.
"Komunitas kami mengandalkan radio ham dengan cara yang kebanyakan warga cukup tidak menyadarinya," kata Steve Garrison, presiden Alford Memorial Radio Club di Stone Mountain.
"Kebanyakan orang terjebak dalam apa yang kita anggap teknologi canggih seperti smartphone dan internet," kata Garrison. "Kita lupa bagaimana mereka bergantung pada infrastruktur pendukung."
Sebuah siaga di saat krisis
Tak lama setelah Gulf Coast mengalami bencana Badai Katrina, yang mengakibatkan beberapa rumah sakit hampir tidak berfungsi dan terputus dari bantuan luar, pemerintah federal mengakui kontribusi penting yang dibuat oleh radio amatir. FBI merilis dana untuk membangun stasiun radio ham darurat di banyak rumah sakit di seluruh negeri.
Pasca-Katrina banjir di Louisiana
Pasca-Katrina banjir di Louisiana
Pada tahun 2007, Departemen Kesehatan Masyarakat Georgia menandatangani kontrak dengan Asosiasi Rumah Sakit Georgia (GHA) untuk mengelola instalasi radio ham di 15 Daerah Koordinasi Rumah Sakit di seluruh Georgia.
"Sumber Daya Kesehatan dan Layanan Administrasi bantuan memungkinkan rumah sakit untuk menjamin komunikasi berlimpah, memastikan hal itu pada tempatnya selama keadaan darurat," kata direktur darurat untuk GHA, Adrianne Feinberg.
Pada tahun 2009, Komisi Bersama, sebuah badan akreditasi rumah sakit independen, mulai fokus pada manajemen rumah sakit darurat, sehingga dalam keadaan darurat bab manajemen dikhususkan sebagai bagian dari prosedur operasi standar, kata Feinberg. "Memastikan kemampuan komunikasi yang handal terus menjadi komponen penting dari kesiapan darurat," katanya.

Komisi Gabungan standar yang sekarang menentukan bahwa rumah sakit mempersiapkan bagaimana mereka berkomunikasi selama keadaan darurat sebagai bagian dari perencanaan komunikasi krisis internal mereka. Amatir radio dipandang sebagai contoh cadangan komunikasi yang memenuhi persyaratan ini.
Karyawan rumah sakit ikut bergabung
Hari ini, mereka yang awalnya 15 rumah sakit dan puluhan rumah sakit Georgia lainnya telah memasang peralatan radio ham. Selain itu, beberapa karyawan rumah sakit telah memperoleh lisensi radio amatir FCC bagi mereka sendiri, memungkinkan mereka untuk membangun komunikasi penting sambil menunggu operator relawan ARES tiba.
Peraturan Komisi Komunikasi Federal mencegah operator radio amatir menerima kompensasi apapun untuk melakukan tugas-tugas komunikasi mereka. Tapi keputusan FCC baru-baru ini melonggarkan pembatasan ini untuk karyawan rumah sakit dengan lisensi ham, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan peralatan radio amatir untuk latihan dan menjalankan sementara masih pada jam rumah sakit. Putusan ini mengakui sifat kritis radio ham sebagai cadangan komunikasi darurat untuk rumah sakit.
"Kami berusaha untuk mengembangkan hubungan kerja yang baik dengan instansi yang kami layani," kata George Olive, Koordinator Darurat ARES untuk DeKalb County.
"Dengan berpartisipasi dalam latihan dan penerapan bersama responden darurat profesional, kami merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari acara seperti parade dan maraton," kata Olive. Keterlibatan ini membuat keterampilan penanganan pesan yang jelas dan membantu mengintegrasikan operator ke dalam struktur manajemen darurat komunitas mereka.
palu
Foto milik American Radio Relay League
"Apapun yang bekerja adalah kita mengenal tim tanggap darurat sebelum ada keadaan darurat yang sebenarnya," kata Olive.
Kanne menambahkan, "operator Ham harus tetap siap dan fleksibel setiap saat. Kemampuan kita untuk merespon krisis bergantung pada perencanaan kita sendiri yang sejalan dengan kebutuhan kesiapan rumah sakit."
"Bukan hanya apakah kita ada di sana ketika rumah sakit membutuhkan kita," kata Kanne. "Tapi keindahan sejati dari apa yang kita kerjakan memungkinkan dokter, karyawan dan staf rumah sakit lainnya untuk melakukan yang terbaik bagi apa yang mereka lakukan -. Menyediakan perawatan pasien sangat penting dalam keadaan darurat"
Tugas yang dihadapi adalah untuk mendapatkan pesan yang disampaikan dalam mendukung kebutuhan rumah sakit. "Kami adalah komunikator mereka," Kanne mengatakan, "ketika semuanya gagal."
Kara Tarantino adalah konsultan pemasaran strategis dalam komunikasi kesehatan, perencanaan dan pemasaran konten. Dia tinggal di daerah Atlanta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar